Garis Besar Pendidikan Mulai 2020/2021 Mendatang

Salam Pendidikan!

Sahabat pasti sudah banyak tahu tentang hal penghapusan Ujian Nasional mulai 2021 mendatang. Tapi apakah Sahabat tahu tentang pengganti Ujian Nasional? Bukan hanya Ujian Nasional yang diubah, tetapi USBN, RPP, dan PPDB juga akan mendapatkan sentuhan baru pada 2021 mendatang.

#SahabatDikbud, Mendikbud Nadiem Makarim memberikan arahan mengenai kebijakan #MerdekaBelajar di Jakarta, Rabu (11/12/2019). Arahan disampaikan kepada ratusan peserta Rapat Koordinasi Mendikbud dengan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten, dan Kota se-Indonesia.

Mendikbud menetapkan empat program pokok kebijakan pendidikan #MerdekaBelajar, yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), Ujian Nasional (UN), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Peraturan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Zonasi. .

Terkait kebijakan ujian nasional (UN), Mendikbud mengatakan tahun 2020 akan menjadi pelaksanaan UN yang terakhir. Selanjutnya, mulai tahun 2021 UN akan diganti dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

Penjelasan lebih detail mengenai empat pokok kebijakan pendidikan #MerdekaBelajar bisa dilihat di laman kemdikbud.go.id atau klik tautan pada profil dan instastory @kemdikbud.ri

Foto: @jilanrifai dan Tasori

#MerdekaBelajar #GuruPenggerak #SDMUnggul

Silahkan simak pada gambar-gambar di bawah ini:

Setelah menyimak informasi tersebut, apa pendapat Anda? Silahkan tinggalkan komentar Anda dan berdiskusilah. Apabila ada hal-hal lainnya yang Anda masih bingung, silahkan kunjungi tautan ini.

Salam Pendidikan!

Publikasi Dokumen Terkait Kebijakan Merdeka Belajar

Satu pemikiran pada “Garis Besar Pendidikan Mulai 2020/2021 Mendatang”

  1. MENURUT SAYA INI MERUPAKAN LANGKAH YANG BAGUS YANG SUDAH DIAMBIL PEMERINTAH. RPP SELAMA INI BANYAK MEMAKAN WAKTU GURU HANYA UNTUK MENYUSUNNYA. GURU MERASA TERBEBAN AKIBATNYA.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: